Survei LSI Beberkan Elektabilitas RK-Suswono Menang Telak Lawan Dua Pesaingnya
Cerdas MemilihNewsHot

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil alias RK dan Suswono. Foto M Julnis Firmansyah

Jakarta, tvrijakartanews - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei mengenai elektabilitas pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) yang bertarug di Pilkada Jakarta 2024. Hasil survei yang dilakukan LSI pada periode 6 September hingga 12 September 2024 menunjukkan pasangan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono unggul telak menghadapi pesaingnya Pramono Anung dan Rano Karno serta Dharma Pongrekun dan Kun Wardana. 

Dalam simulasi tiga pasangan calon, Ridwan Kamil dan Suswono meraih elektabilitas 51,8%. Sementara itu, Pramono Anung-Rano Karno dipilih oleh 28,4% responden. Dalam survei ini, pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana dipilih 3,2% responden. Sisanya, sekitar 3,9% responden memilih tidak memilih atau golput. 

"Sisanya tidak ikut memilih (golput) sekitar 3,9%, dan massa mengambang masih sekitar 12,8%," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam rilis hasil survei secara daring, Rabu (18/9/2024). 

Dalam survei itu terungkap, pemilih RK-Suswono dan Pramono-Rano merupakan pemilih yang sulit untuk mengubah pilihan. Terdapat 63% pemilih RK-Suswono yang kecil kemungkinan atau hampir tidak mungkin mengubah pilihannya.

Hanya 35,5% yang kemungkinan besar mengubah pilihan. Sementara itu, di kalangan pemilih Pramono-Rano, terdapat 61,8% yang kecil kemungkinan atau hampir tidak mungkin mengubah pilihan, dan 37,3% lainnya masih mungkin berubah. 

Nama Ridwan Kamil berada di posisi teratas dalam simulai semi terbuka dengan enam nama kandidat, Ridwan Kamil meraih elektabilitas 44% disusul Rano Karno 16%, dan Pramono Anung 10,5%. Selanjutnya, Dharma Pongrekun dipilih oleh 1,5% dan Kun Wardana 0,4%, serta Suswono 0,2%. 

Ridwan Kamil juga tetap di puncak dalam simulasi tiga nama kandidat. Dalam simulasi ini, Ridwan Kamil meraih elektabilitas 53,9% disusul Pramono Anung dengan 20,8%, dan Dharma Pongrekun 3,3%. 

LSI dalam survei ini memotret pengaruh mantan Gubernur DKI Anies Baswedan terhadap elektabilitas cagub-cawagub yang bertarung di Pilkada Jakarta 2024. LSI bereksperimen dengan bertanya kepada responden mengenai calon yang dipilih jika Anies Baswedan mendukung RK-Suswono atau Pramono-Rano.

Hasilnya, dukungan Anies kepada Pramono-Rano akan menurunkan elektabilitas RK-Suswono secara signifikan dari 51,7% menjadi 40,5%. Dengan demikian, jarak antara RK-Suswono dan Pramono-Rano menjadi lebih kecil, yakni dari 22,7% menjadi 9%. Sebaliknya, jika Anies mendukung RK-Suswono, elektabilitas RK-Suswono maupun Pramono-Rano tidak mengalami perubahan yang signifikan

"Berdasarkan temuan eksperimen, pengaruh Anies signifikan dapat memengaruhi kompetisi dan hasil pilgub. Bagi RK–Suswono, akan lebih menguntungkan bila Anies menyampaikan sikap mendukung pasangan tersebut atau minimal bersikap netral. Bagi, Pramono-Rano, dukungan Anies akan membuka jalan lebih lebar untuk tetap kompetitif dan memenangkan pilgub," paparnya.